Tempat Wisata Alam di Jogja yang Populer

Selain sangat terkenal akan tradisi dan juga budayanya, saat ini Jogja telah membuktikan keunggulannya di dalam sektor pariwisata. Berbagai objek wisata, mulai dari pantai, pegunungan, hingga air terjun telah berhasil menarik perhatian dari banyak wisatawan domestik juga mancanegara. Tak tanggung-tanggung, berbagai wisata alam yang ada di Jogja juga telah didukung oleh berbagai macam fasilitas dan aktivitas memadai sehingga layak untuk dapat dikunjungi. Ingin tahu tempat apa saja yang nantinya patut untuk anda kunjungi saat anda berwisata alam di Jogja.

Tempat Wisata Alam di Jogja yang Populer

Menikmati udara bebas dan juga terlepas dari hiruk pikuknya pekerjaan, menjadi salah satu pilihan yang menarik ketika anda berada di Jogjakarta. Kota Gudeg yang satu ini memiliki beberapa wisata alam yang sangat seru dan juga sangat cocok sebagai salah satu dari spot foto menarik yang ada di Jogja. Berlibur ke wisata alam menjadi salah satu pilihan yang paling populer untuk dapat melepas lelah.

Menikmati udara bebas, sambil bermain memang menjadi sebuah hal yang menarik. Selain terkenal akan tradisi dan juga budayanya yang kental, Jogja juga memiliki sejumlah keunggulan di sektor pariwisata. Jogja memiliki banyak sekali tempat wisata alam yang menyuguhkan berbagai macam pemandangan dari satu permainan seru.

Bukit Parang Endog

Parangtritis sendiri merupakan salah satu dari ikon wisata yang paling terkenal yang ada di Jogja. Namun, tahukah anda jika di ujung timur dari Pantai Parangtritis ternyata terdapat juga sebuah landasan paralayang, yang sangat keren. Namanya Bukit Parang Endog. Dengan hanya membayar yaitu sekitar Rp300.000, anda nantinya dapat terbang tandem bersama dengan seorang instruktur berpengalaman.

Meski begitu, anda tidak harus melakukan paralayang dulu saat anda datang ke Bukit Parang Endog. Di sini, anda juga dapat menikmati berbagai macam pesona matahari terbenam dari berbagai spot yang berbeda dari biasanya. Datanglah mulai pukul 15:00 agar nantinya anda bisa menyaksikan senja dengan warna yang sempurna.

Pantai Sinden

Jogja mungkin bukan kota pertama yang nantinya akan anda sebut saat membicarakan wisata pantai yang ada di Indonesia. Padahal, Kota Gudeg yang satu ini menyimpan banyak sekali pantai tersembunyi dengan pemandangan yang sangat eksotis. Salah satunya adalah Pantai Sinden yang berada di Desa Jepitu, Girisubo, Gunungkidul. Untuk mengunjunginya, anda hanya harus membayar uang masuk yaitu sebesar Rp6.000 sebagai tiket masuk.

Pantai Sinden ini memiliki lanskap yang cukup unik karena pantai ini sendiri berbatasan langsung dengan beberapa tebing-tebing yang tinggi. Di seberang pantai, terdapat juga beberapa pulau karang bernama Pulau Kalong yang ditumbuhi dengan tanaman liar. Jika anda tertarik, anda juga dapat menyeberang ke sana melalui sebuah jembatan gantung. Nantinya, anda perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp25.000 untuk menggunakan jembatan gantung tersebut.

Air Terjun Kedung Kandang

Masih berada di kawasan Gunungkidul, tepatnya berada di daerah Nglanggeran, Patuk, terdapat sebuah air terjun yang dikelilingi oleh keindahan dan juga hamparan sawah. Masyarakat Jogja sendiri lebih mengenalnya dengan nama Air Terjun Kedung Kandang. Air terjun yang satu ini cukup menarik karena mempunyai enam tingkat yang langsung mengalir ke dalam area persawahan.

Untuk dapat sampai ke lokasi dari Air Terjun Kedung Kandang ini, anda harus melakukan sebuah trekking terlebih dulu. Meski begitu, di sepanjang perjalanan nantinya akan disuguhkan berbagai pemandangan menarik yang serba hijau, seperti perbukitan, sungai, persawahan, hingga area pegunungan. Semua rasa lelah anda tentu saja nantinya akan segera hilang begitu anda merasakan sebuah kesegaran di Air Terjun Kedung Kandang tersebut.

Batu Miring

Di Jogja, anda juga bisa berburu sebuah sunrise! Salah satu dari spot terbaik untuk dapat menyaksikan panorama dari matahari terbit yaitu adalah di Batu Miring. Lokasinya sendiri berada di daerah Gunung Kukusan, Dusun Wonokerto, Ngargoretno, Kulon Progo. Tidak ada transportasi umum yang ada dan beroperasi ke daerah ini, sehingga anda nantinya harus menggunakan kendaraan pribadi pada saat anda ingin berkunjung ke Batu Miring.

Begitu nantinya anda sampai di lokasi parkir, anda juga harus berjalan kaki sejauh 200 meter hingga anda nantinya mencapai kaki Gunung Kukusan. Nah, ada dua jalur yang nantinya bisa anda tempuh untuk mencapai puncak yang berbeda. Jalur kiri yang nantinya akan mengarah ke Puncak Dempok, sedangkan untuk jalur kanan sendiri nantinya akan membawa anda ke Puncak Kendeng yang merupakan puncak tertinggi yang ada. Dari dua puncak inilah anda nantinya akan bisa menikmati berbagai macam pemandangan senja yang berbeda.

Curug Luweng Sampang

Jika Amerika Serikat sendiri memiliki Antelope Canyon, maka Yogyakarta punya Curug Luweng Sampang. Kedua tempat tersebut memang kerap dibanding-bandingkan karena mempunyai ciri khas yang sama pada dinding batu bergaris dan horizontal yang terbentuk oleh aliran air. Perbedaannya yang hanya terletak pada warna yang dimilikinya, yaitu jika Antelope Canyon warnanya kemerahan dan pada Curug Luweng Sampang sendiri warnanya coklat kehijauan.

Air terjun di Curug Luweng Sampang berasal dari Pegunungan Sewu yang tentunya tidak perlu anda ragukan lagi kejernihan dan kesegarannya. Anda bahkan bisa berenang menyusuri berbagai terowongan dan ceruk tersembunyi yang ada di balik dinding bebatuan tersebut. Penasaran? Anda nantinya bisa langsung datang ke Jalan Juminahan, Desa Sampang, Gedangsari, Gunungkidul.

Puncak Becici

Jika anda ingin menikmati keindahan Kota Jogja dari atas ketinggian, maka Puncak Becici adalah salah satu destinasi yang patut untuk anda tuju. Berada di daerah perbukitan, kawasan Puncak Becici disini dipenuhi oleh deretan pohon pinus yang juga menjulang. Untuk sampai puncak dari tempat ini, anda nantinya hanya perlu berjalan kaki selama kurang lebih 15 menit di jalur setapak yang ada. Kawasan ini juga dilengkapi dengan beberapa gazebo yang nantinya bisa anda gunakan sebagai salah satu tempat untuk dapat beristirahat.

Di puncak, terdapat juga sebuah area gardu pandang menyerupai rumah pohon terbuka yang nantinya bisa digunakan untuk menikmati keindahan alam sekitar. Saat cuacanya cerah, anda nantinya akan bahkan bisa melihat pemandangan Gunung Merapi dan juga Gunung Sindoro dari kejauhan. Jika nantinya anda tertarik berlibur ke Puncak Becici, anda dapat datang langsung ke Gunung Cilik RT 07 RW 02, Muntuk, Dlingo. Jangan lupa untuk menyiapkan uang Rp2.000 untuk tiket masuk.

Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Merapi nyatanya bukan satu-satunya gunung berapi yang berada di kawasan Jogja. Masih terdapat juga gunung berapi lain yang bisa anda datangi untuk dapat berlibur, yakni Gunung Api Purba Nglanggeran yang letaknya di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Gunungkidul. Dengan harga tiket masuk yaitu sebesar Rp7.000 – Rp9.000, anda nantinya sudah bisa puas menikmati pemandangan alam yang indah dari atas ketinggian.

Demikian itulah beberapa wisata alam yang terdapat di Jogja yang menarik untuk anda kunjungi saat anda berlibur ke Jogja. Selamat Berlibur!